ARTIKEL MENGENAI PERANGKAT LUNAK

 

Mengenal Sistem Operasi (Pengertian dan Fungsi)


Mengenal Sistem Operasi (Pengertian dan Fungsi)

1. Pengertian Sistem Operasi

Sumber: Gufron Rajo Kaciak: Mengenal Sistem Operasi (Pengertian dan Fungsi): https://dosen.gufron.com/artikel/mengenal-sistem-operasi-pengertian-dan-fungsi/15/
Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi merupakan jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, sistem komputer tidak lebih dari sekumpulan komponen elektronik dan komponen mekanik.
Sumber: Gufron Rajo Kaciak: Mengenal Sistem Operasi (Pengertian dan Fungsi): https://dosen.gufron.com/artikel/mengenal-sistem-operasi-pengertian-dan-fungsi/15/
Sistem operasi bertindak seperti penterjemah antara pengguna aplikasi dengan perangkat keras. Seorang pengguna berinteraksi dengan sistem komputer melalui sebuah aplikasi, seperti aplikasi pengolah kata, permainan, atau program aplikasi lain yang dirancang untuk tujuan tertentu. Dalam menggunakan aplikasi tersebut, aplikasi tidak akan peduli bagaimana caranya pengguna memasukan informasi ke dalam aplikasi, seperti melalui keyboard. Sistem operasilah yang bertanggungjawab terhadap komunikasi antara aplikasi dengan perangkat keras. Dalam contoh lain, ketika pengguna menggunakan sebuah aplikasi, memasukan informasi melalui keyboard, ditampilkan di monitor, disimpan pada media penyimpanan, atau kemudian dicetak di printer, semuanya diatur oleh sistem operasi. Sistem operasilah yang bertugas menangani seluruh perangkat input dan output komputer.
Sumber: Gufron Rajo Kaciak: Mengenal Sistem Operasi (Pengertian dan Fungsi): https://dosen.gufron.com/artikel/mengenal-sistem-operasi-pengertian-dan-fungsi/15/
Dengan demikian, sistem operasi memiliki kontrol penuh terhadap sumber daya perangkat keras komputer dan mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.
Sumber: Gufron Rajo Kaciak: Mengenal Sistem Operasi (Pengertian dan Fungsi): https://dosen.gufron.com/artikel/mengenal-sistem-operasi-pengertian-dan-fungsi/15/

2. Fungsi Sistem Operasi

2.1. Fungsi Dasar Sistem Operasi

Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan para pengguna. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna.
Sumber: Gufron Rajo Kaciak: Mengenal Sistem Operasi (Pengertian dan Fungsi): https://dosen.gufron.com/artikel/mengenal-sistem-operasi-pengertian-dan-fungsi/15/
Gufron Rajo Kaciak
Gambar Komponen utama sistem komputer

Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.
Sumber: Gufron Rajo Kaciak: Mengenal Sistem Operasi (Pengertian dan Fungsi): https://dosen.gufron.com/artikel/mengenal-sistem-operasi-pengertian-dan-fungsi/15/

2.2. Fungsi Pokok Sistem Operasi

Sistem operasi memiliki 4 (empat) fungsi pokok, yaitu:
  1. Mengontrol akses perangkat keras
    Sistem operasi memanajemen interakasi antara aplikasi dan perangkat keras. Untuk mengakses dan berkomunikasi dengan perangkat keras, sistem operasi perlu menginstal sebuah perangkat lunak (driver) untuk tiap komponen perangkat keras.
  2. Manajemen file dan folder
    Sistem operasi mengatur dan membuat susunan file yang tersimpan di dalam hard disk dan media penyimpanan lain.
  3. Menyediakan user interface
    Sistem operasi akan menyediakan tampilan antarmuka pengguna, baik dalam bentuk baris perintah perintah (Command Line Interface - CLI) maupun dalam bentuk grafis (Graphical User Interface - GUI).
  4. Manajemen aplikasi
    Sistem operasi meletakan suatu aplikasi dan memuatnya ke dalam memori (RAM) komputer. Sistem operasi menjamin setiap aplikasi mendapatkan sumber daya yang cukup.

https://dosen.gufron.com/artikel/mengenal-sistem-operasi-pengertian-dan-fungsi/15/

Pengertian Text Editor

Text editor adalah program pengolah kata apa pun yang dapat Anda gunakan untuk mengetik dan mengedit teks berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Techtarget.

Dalam dunia programming (baca pengertian programming disini), teks atau text editor menjadi tools atau alat yang sangat berguna karena tergantung pada modul pra-instal di dalamnya.

Mereka dapat membantu Anda dengan sintaks bahasa apa pun yang sedang Anda kerjakan, atau secara otomatis melengkapi nama metode dan deklarasi untuk Anda.

Word Pad dan NotePad untuk Windows, SimpleText dan TextEdit untuk Mac adalah contoh aplikasi teks editor yang umum.

Apa itu Editor Teks?

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan editor teks ini? Seperti yang sudah Kami jelaskan dalam pengertian text editor di atas, ini lebih dikenal dengan istilah kata text editor ketika masuk ke dunia pemrograman serta dalam istilah global.

Editor teks adalah program yang memungkinkan Anda untuk membuka, melihat, dan mengedit file teks biasa.

Secara umum, editor mengacu pada program apa pun yang mampu mengedit file (baca pengertian file disini).

Contoh yang baik adalah editor gambar, seperti Adobe Photoshop, dan editor suara, seperti Audacity.

Istilah editor umumnya digunakan untuk merujuk ke editor teks, yang merupakan program perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk membuat atau memanipulasi file komputer teks biasa.

Mereka sering digunakan di bidang pemrograman komputer.

Program yang lebih besar seperti Microsoft Word dan Word Perfect juga sering disebut sebagai text editor, tetapi mereka memiliki lebih banyak fitur.

Anda benar-benar dapat menulis kode HTML dan membuat halaman HTML (baca selengkapnya tentang pengertian HTML disini) dengan teks atau text editor sederhana, selama Anda tahu sintaks HTML yang benar.

Teks atau text editor berbeda dengan pengolah kata (yang lebih dikenal dengan word processor), editor teks tidak menambahkan pemformatan ke teks, melainkan berfokus pada fungsi pengeditan untuk teks biasa.

Apa itu Rich Text Editor?

Kemudian, ada juga istilah dan sebutan rich text editor. Ini adalah alat yang terdapat pada sebagian besar area sistem di mana teks dapat dimasukkan, Anda dapat mengontrol tampilan teks Anda menggunakan editor kaya teks.

Rich text editor kadang-kadang juga disebut dengan editor WYSIWYG (What You See Is What You Get atau Apa yang Anda Lihat Adalah Apa yang Anda Dapatkan).

Toolbar rich text biasanya memiliki ikon untuk mengedit dan memformat teks Anda.

Anda dapat menggunakan editor teks kaya untuk memasukkan gambar, tautan, audio dan video serta teks.

Editor kaya teks atau rich text editor didasarkan pada aplikasi sumber terbuka yang disebut CKEditor.

Sejarah Text Editor (Editor Teks)

Ilustrasi Gambar Sejarah Teks Atau Text Editor Serta Tujuan Dan Fungsinya Dalam Membahas Pengertian Dan Arti Pengedit Teks
Ilustrasi Gambar Sejarah Teks Atau Text Editor Serta Tujuan Dan Fungsinya Dalam Membahas Pengertian Dan Arti Pengedit Teks

Agar lebih memahami tentang pengertian dan arti dari istilah text editor, pastinya kita juga harus mengetahui paling tidak sedikit hal terkait sejarahnya bukan?

Benar, sebelum teks atau text editor ada, teks komputer dimasukkan ke dalam kartu dengan mesin Keypunch.

Keypunch machine adalah kotak-kotak fisik dari kartu-kartu kardus tipis ini kemudian dimasukkan ke dalam card-reader.

Pita magnetik dan file disk “card-image” yang dibuat dari dek kartu seperti itu sering tidak memiliki karakter pemisahan garis sama sekali, dan mengasumsikan catatan 80 karakter dengan panjang yang sama.

Text editor pertama adalah “editor line atau baris” yang berorientasi pada terminal gaya teleprinter atau mesin ketik tanpa tampilan.

Ketika terminal komputer dengan layar video menjadi tersedia dan dapat digunakan, teks atau text editor berbasis layar (kadang-kadang disebut hanya “screen editor”) menjadi umum.

Salah satu editor full screen (layar penuh) paling awal adalah O26, yang ditulis untuk konsol operator komputer seri 6000 CDC pada tahun 1967.

Editor layar penuh lainnya adalah vi. Ditulis pada tahun 1970-an, ini masih merupakan editor standar pada sistem operasi Unix dan Linux.

Juga, yang ditulis pada tahun 1970-an adalah UCSD Pascal Screen Oriented Editor, yang dioptimalkan baik untuk kode sumber indentasi maupun teks umum.

Emacs, salah satu proyek software (perangkat lunak) bebas dan sumber terbuka pertama yang merupakan editor full screen atau real-time lainnya.

Kemudahan penggunaan dan kecepatan editor layar penuh (dibandingkan dengan editor berbasis baris atau lini) memotivasi banyak pembelian awal terminal video.

Struktur data inti dalam text editor adalah struktur yang mengelola string (urutan karakter) atau daftar catatan yang mewakili status file yang sedang diedit.

Sementara yang pertama dapat disimpan dalam satu bentuk “array” karakter yang panjang berturut-turut, keinginan untuk text editor yang dapat lebih cepat menyisipkan teks, menghapus teks, dan me-undo (membatalkan) atau me-redo (mengulang) suntingan sebelumnya menyebabkan pengembangan struktur data urutan yang lebih rumit.

Pengolah kata non-WYSIWYG, seperti WordStar, terbilang lebih mudah digunakan sebagai teks editor biasa, dan sudah umum digunakan pada tahun 1980-an.

Format file default dari pengolah kata ini biasanya menggunakan bahasa markup, dengan format dasar berupa teks biasa dan format visual yang dibuat menggunakan karakter kontrol.

Teks editor digunakan hingga sekarang ini terutama di tahun 2020, baik untuk menulis kode atau untuk mengedit teks lainnya pada file.

Tujuan dan Fungsi Teks atau Text Editor

Dalam membahas mengenai apa itu text editor, adalah merupakan hal yang penting bagi Kami untuk mjuga menjelaskan apa sebenarnua tujuan dan fungsinya sendiri.

Memang, sudah merupakan hal yang jelas bahwa tujuan utamanya adalah untuk mengedit teks. Namun, mengapa ada editor teks ketika kita memiliki word processor (pengolah kata) atau IDE dan lainnya?

Ya, jawabannya adalah karena text editor bekerja pada teks biasa. Mereka tidak peduli tentang pemformatan dan elemen gaya lainnya.

Tujuan teks atau text editor adalah untuk melakukan pengeditan pada teks. Program komputer, halaman website (baca pengertian website disini), aplikasi, dan banyak hal hebat lainnya dibuat dari teks.

Editor teks juga populer untuk penulis yang tidak ingin mengambil risiko vendor lock-in.

Kemudian, untuk fungsinya sendiri, perlu kalian ketahui bahwa teks atau text editor menyediakan perintah menu file standar untuk membuat file teks baru, membuka, menutupnya, serta menyimpannya kedalam bentuk file yang biasanya berekstensi .txt.

Menu edit berisi fungsi untuk memotong, menyalin, dan menempelkan teks, selain untuk menemukan dan mengganti untuk menemukan string teks.

Selain itu, Anda juga dapat menjalankan dialog font (baca pengertian font disini) standar dengan mengklik format kemudian gaya huruf.

Jenis-Jenis Text Editor

Gambar Jenis Jenis Text Editor Dan Fiturnya Dalam Membahas Pengertian Pengedit Teks
Gambar Jenis Jenis Text Editor Dan Fiturnya Dalam Membahas Pengertian Pengedit Teks

Setelah kita mengetahui apa pengertian, sejarah, tujuan dan fungsi text editor di atas, maka kita juga harus mengenal apa saja jenis-jenis dan macamnya.

Beberapa teks atau text editor adalah berukuran kecil dan sederhana, sementara yang lain menawarkan fungsi yang luas dan kompleks.

Sistem Microsoft Windows hadir dengan Notepad sederhana, lebih banyak orang terutama programmer, lebih menyukai editor lain dengan lebih banyak fitur.

Adapun beberapa jenis-jenis dan macam teks atau text editor yang harus kalian ketahui adalah sebagai berikut:

a. Line Editors

Jenis dan macamnya yang pertama adalah baris atau line editor. Dalam macam ini, Anda hanya dapat mengedit satu baris pada satu waktu atau jumlah baris yang tidak terpisahkan.

Anda tidak dapat memiliki urutan karakter yang mengalir bebas. Jenis ini akan mengurus hanya satu barisnya saja.

Contohnya adalah seperti Teleprinter, Edlin, Teco.

b. Stream Editors

Dalam jenis aliran atau stream editors ini, file diperlakukan sebagai aliran atau urutan karakter yang berkelanjutan alih-alih nomor baris, yang berarti di sini Anda dapat mengetik paragraf.

Adapun contohnya adalah seperti editor Sed pada sistem operasi UNIX.

c. Screen Editors

Berikutnya adalah jenis layar atau screen editors. Dalam jenis editor ini, pengguna dapat melihat kursor di layar dan dapat membuat operasi salin, potong, tempel dengan mudah.

Ini terbilang sangat mudah untuk menggunakannya bersamaan dengan pointer Mouse.

Adapun contohnya adalah seperti aplikasi Vi, Emacs dan Notepad.

d. Word Processor

Berikutnya adalah pemroses (pengolah) kata atau word processor. Ini mengatasi keterbatasan editor screen (layar) serta memungkinkan seseorang untuk menggunakan beberapa format untuk menyisipkan gambar, file, video, menggunakan font, ukuran, fitur style atau gaya.

Ini terutama berfokus pada natural language (bahasa alami).

Contohnya adalah seperti Microsoft Office Word dan WPS Office Word.

e. Structure Editors

Editor struktur atau structure editor adalah pengedit yang berfokus pada bahasa pemrograman. Ini menyediakan fitur untuk menulis dan mengedit kode sumber.

Contohnya adalah seperti aplikasi Dreamwaver, Netbeans IDE dan gEdit.

f. Full Screen Editors

Di komputer, editor layar penuhbebas gangguandistraction-free atau full screen editor adalah pengedit teks yang menempati tampilan penuh dengan tujuan mengesampingkan pengguna dari OS dan aplikasi lain.

Ini membantu pengguna untuk fokus pada penulisan saja dan tidak terganggu oleh aplikasi lain dan antarmuka yang berantakan.

Seringkali editor layar penuh memiliki latar belakang gelap dan bidang teks dengan teks berwarna terang. Mereka termasuk antarmuka yang dapat disesuaikan dan fitur seperti jumlah kata.

Contohnya adalah seperti program Acme, Coderoom dan FocusWriter.

g. Multiple Window Editors

Yang terakhir adalah jenis multiple window editor. Ini adalah pengedit yang memungkinkan Anda untuk mengerjakan lebih dari satu file satu file sekaligus dan memotong dan menempelkan teks dari file ke file lain melalui menarik dan meletakkan.

Dua konsep dasar yang ada di belakang editor multi-jendela adalah Buffer dan sistem operasi Windows.

Fitur-Fitur Text Editor

Selain dari apa yang sudah Kami jelaskan di atas, pada pengertian text editor, sejarah serta tujuan dan fungsinya di atas, beberapa teks atau text editor dapat menginstal file besar yang tidak biasa seperti file log atau seluruh database yang ditempatkan dalam satu file.

Bentuknya yang lebih sederhananya, mungkin hanya membaca file ke dalam memori utama komputer. Sedangkan dengan file yang lebih besar, hal itu mungkin akan dijalankan melalui proses yang lambat.

Fitur yang biasanya dikaitkan dengan editor teks adalah seperti memindahkan kursor, menghapus, mengganti, menempel, menemukan, menemukan dan mengganti, menyimpan dan lainnya.

Berikut ini adalah berbagai macam fitur dari teks atau text editor yang perlu kalian ketahui:

  • Search and replace (cari dan ganti); Teks atau text editor menyediakan fasilitas luas untuk mencari dan mengganti teks, baik dalam kelompok file atau secara interaktif. Editor tingkat lanjut dapat menggunakan ekspresi reguler untuk mencari dan mengedit teks atau kode.
  • Cut (potong), copy (salin), dan paste (tempel); Kebanyakan pengedit teks menyediakan metode untuk menggandakan dan memindahkan teks di dalam file, atau di antara file
  • Text formatting; Menyediakan fitur pemformatan dasar seperti pembungkus baris, indentasi otomatis, pemformatan daftar peluru menggunakan karakter ASCII, pemformatan komentar, penyorotan sintaksis dan sebagainya serta serta kemampuan untuk menangani teks yang disandikan UTF-8.
  • Undo dan redo; Seperti halnya pengolah kata, mereka juga menyediakan cara untuk membatalkan dan mengulang pengeditan terakhir, atau lebih. Seringkali terutama dengan text editor yang lebih lama hanya ada satu tingkat riwayat edit yang diingat dan secara berturut-turut mengeluarkan perintah undo hanya akan “mengganti” perubahan terakhir. Editor modern atau lebih kompleks biasanya menyediakan riwayat multi-level sehingga dapat mengeluarkan perintah undo berulang kali akan mengembalikan dokumen ke suntingan yang lebih lama secara berturut-turut.
  • Definisi macro atau procedure; Adalah untuk mendefinisikan perintah atau fitur baru sebagai kombinasi dari perintah sebelumnya atau makro lainnya, mungkin dengan parameter yang diteruskan, atau dengan bersarangnya makro.
  • Pengeditan multi-file; Kemampuan untuk mengedit banyak file selama sesi edit, mungkin mengingat kursor baris saat ini dari setiap file, untuk memasukkan teks berulang ke dalam setiap file, memindahkan teks di antara file, dan lain sebagainya.
  • Transformasi data; Membaca atau menggabungkan konten file teks lain ke dalam file yang sedang diedit. Beberapa teks atau text editor menyediakan cara untuk memasukkan output dari perintah yang dikeluarkan ke shell sistem operasi. Juga, fitur case-shifting yang dapat diterjemahkan menjadi huruf kecil atau besar.
  • Pemfilteran; Beberapa pengedit teks tingkat lanjut memperbolehkan editor untuk mengirim semua atau sebagian file yang sedang diedit ke utilitas lain dan membaca hasilnya kembali ke file sebagai pengganti baris yang “difilter” yang berguna untuk menyortir serangkaian garis secara alfabet atau numerik, melakukan perhitungan matematis, indentasi kode sumber, dan sebagainya.
  • Penyorotan sintaksis; Menyoroti secara kontekstual kode sumber, bahasa markup, file konfigurasi dan teks lain yang muncul dalam format yang terorganisir atau dapat diprediksi. Editor teks umumnya memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan warna atau gaya yang digunakan untuk setiap elemen bahasa. Beberapa text editor juga memungkinkan pengguna untuk menginstal dan menggunakan tema untuk mengubah tampilan dan nuansa dari seluruh antarmuka pengguna editor.
  • Extensibility; Ini dimaksudkan untuk digunakan oleh programmer yang menyediakan beberapa mekanisme plugin, atau dapat skrip, sehingga seorang programmer dapat menyesuaikan editor dengan fitur yang diperlukan untuk mengelola proyek perangkat lunak individu, menyesuaikan fungsi atau ikatan kunci untuk bahasa pemrograman tertentu atau sistem kontrol versi, atau sesuai dengan gaya pengkodean tertentu.

Contoh Text Editor (Editor Teks)

Sekarang kalian pasti sudah dapat menggambarkan seperti apa aplikasi text editor bukan? Jika belum, kalian dapat melihat daftarnya di bawah ini agar lebih memahaminya.

Berikut ini adalah beberapa contoh teks atau text editor yang sering digunakan dan biasanya sudah disediakan oleh masing-masing operating system (sistem operasi):

  • Notepad dan WordPad; Aplikasi yang disediakan oleh Microsoft Windows dan termasuk editor teks.
  • TextEdit; Editor teks untuk komputer Apple.
  • Emacs; Editor teks untuk semua platform yang merupakan text editor powerfull (kuat) setelah Anda mempelajari semua perintah dan opsinya.
  • Vi dan Vim; Pengedit hebat lainnya terutama digunakan dengan Linux tetapi juga tersedia dengan beberapa platform (baca pengertian platform disini).
  • Word; Pengolah kata untuk komputer Windows dan Apple.
  • Writer; Editor teks dan pengolah kata simple.
  • Ed; Editor segala file pada sistem Unix-like.
  • Microsoft edit; Editor teks dalam MS-DOS.
  • NEdit; Adalah pengedit teks grafis.
  • Pico; Editor teks yang berbasis konsol.
  • Notepad++; Teks atau text editor favorit kebanyakan programmer, ini adalah merupakan alternatif yang bagus untuk Windows Notepad.
  • TextPad; Editor teks gratis atau shareware.
https://rifqimulyawan.com/blog/pengertian-text-editor/


Jenis Jenis Multimedia

JENIS JENIS MULTIMEDIA: PENGERTIAN, CONTOH APLIKASI, FUNGSI +GAMBARNYA

Artikel kali ini berisi pembahasan lengkap mengenai topik Jenis Jenis Multimedia yang cocok dipelajari bagi anda yang mau atau berkecimpung di dunia editing vidioaudio dan animasi.

Pada artikel ini Anda akan mempelajari tentang:

  • Pengertian multimedia berdasarkan pendapat para ahli.
  • Jenis jenis multimedia dan multimedia pembelajaran.
  • Jenis jenis aplikasi multimedia berikut contohnya.
  • Jenis jenis konten multimedia dan fungsi multimedia.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lebih lanjut dari materi ini, langsung aja simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Multimedia

Pengertian Multimedia
Share Ilmu

Menurut bahasa, multimedia berasal dari dua kata, yaitu multi dan media.

Multi artinya banyak, sedangkan media berarti sesuatu yang digunakan untuk mengekspresikan pesan atau perantara.

jadi, Pengertian dari multimedia adalah perantara pesan yang meliputi lebih dari 1 elemen atau banyak.

Definisi lain dari Multimedia diantaranya sebagai sarana komunikasi yang menggabungkan teks, grafik, gambar diam dan bergerak, animasi audio, ataupun media lainnya.

Beberapa kombinasi elemen tersebut bisa, disimpan, ditampilkan, dikirim, atau diproses dengan sebuah perangkat tertentu.

Pengertian Jenis Multimedia Menurut Para Ahli

Pengertian Jenis Multimedia Menurut Para Ahli
toriqa.com
  • Menurut Rosch, tahun 1996: Multimedia merupakan Kombinasi dari komputer dan video.
  • Menurut McComick tahun 1996: Multimedia merupakan Kombinasi dari tiga elemen, yakni suara, gambar, dan teks.
  • Menurut Turban dan kawan-kawan tahun 2002: Multimedia merupakan suatu Kombinasi dari paling sedikitnya dua media input dan output. Media ini bisa berupa audio (suara, atau musik), animasi, video, teks, grafik serta gambar.
  • Menurut Robin dan Linda di tahun 2001: Multimedia merupakan Alat yang dapat menciptakan presentasi secara dinamis dan interaktif yang menggabungkan teks, grafik, animasi, audio serta video.
  • Menurut Vaughan tahun 2004: Multimedia merupakan kombinasi dari beberapa teks, gambar, suara, animasi dan video yang dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.

Kesimpulannya, pengertian Multimedia adalah suatu kombinasi yang dibentuk dari gabungan teks, gambar, animasi, audio atau video untuk menghasilkan output tertentu berupa informasi yang menarik atau hal lainnya.

Jenis Jenis Multimedia 

Setelah kita membahas serta memahami pengertian multimedia, selanjutnya kita akan membahas tentang jenis jenis multimedia.

Secara umum multimedia dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu multimedia conten production dan multimedia communication.

1. Produksi Konten Multimedia

Produksi Konten Multimedia
CodeNgops

Multimedia conten proction merupakan hasil atau produk dari proses penggabungan beberapa media seperti, teks, audio, animasi, graphics, interactivity, serta video untuk menyampaikan sebuah informasi.

Kemudian hasil dari proses itu disebut produk multimedia (music, video, film, game, intertaintment, dll). Untuk multimedia jenis ini, media yang digunakan berupa:

  • Media Audio.
  • Media Teks.
  • Media Animasi.
  • Media Video.
  • Grafik Media / Gambar.
  • Media Spesial Effect.
  • Interaktivitas Media.

2. Komunikasi Multimedia

Komunikasi Multimedia
ParentCircle

Multimedia communication adalah proses pemakaian atau penggunaan media (massa), seperti media cetak, radio, televisi, serta internet.

Tujuannya adalah sebagai media untuk menyampaikan atau mempublikasikan sebuah pesan atau informasi, seperti, material advertising (iklan), news (berita), publicity (publikasi), entertaintment (hiburan), education (pembelajaran atau pendidikan), tutorial dan sebagainya.

Untuk multimedia jenis ini, media yang digunakan berupa:

  • Media Cetak.
  • Radio.
  • TV Film.
  • Permainan.
  • Musik.
  • Hiburan.
  • ICT (Internet).

Artikel Terkait:

Pengetahuan Seputar Corel Draw )

Teknik Fotografi, Pemula & Professional )

Jenis Jenis Multimedia Pembelajaran

1. Multimedia Interaktif

Multimedia Interaktif
Smartty.id

Pengguna atau user secara penuh dapat mengontrol seputar apa dan kapan elemen multimedia akan  dikirimkan atau di tampilkan.

Contoh Game, aplikasi program, CD interaktif,  dan virtual reality.

Jenis Jenis Multimedia Interaktif

Ada beberapa jenis atau model multimedia interaktif yang digunakan untuk tujuan pembelajaran, diantaranya tutorial, drill and practice, simulasi, instructional gameshybridsocraticinquiry dan informational.

2. Multimedia Hiperaktif 

Jenis Multimedia Hiperaktif 
Institut Cavan

Jenis Multimedia Hiperaktif mempunyai struktur dengan elemen – elemen terkait yang dapat di arahkan oleh pengguna dengan tautan (link) menuju elemen – elemen multimedia yang ada.

Richmedia merupakan istilah yang di pakai untuk menyebut, Multimedia Hiperaktif.

Misalnya seperti Word wide web, Website, Mobile banking, Game online dan lain-lain.

3. Jenis Multimedia Linear ( Berurutan )

Multimedia Linear
Beritagar

Multimedia Linear merupakan jenis multimedia yang berjalan lurus, multimedia seperti ini biasanya banyak kita temukan pada semua jenis film, Tutorial video, dan sebagainya.

Sedangkan untuk multimedia interaktif merupakan jenis multimedia interaksi, artinya suatu interaksi antara media dan pengguna media dengan melalui bantuan komputer, mouse, keyboard dan sebagainya.

Interaksi multimedia seperti ini berlangsung tanpa kontrol navigasi dari penguna, Penyajian multimedia liner harus berurutan atau sekussial dari awal sampai akhir.

Contoh dari multimedia linier adalah movie/film, e-book, musik, siaran TV.

4. Multimedia Presentasi Pembelajaran

Multimedia Presentasi Pembelajaran
Pikiran Rakyat

Multimedia presentasi pembelajaran merupakan alat bantu bagi guru untuk proses pembelajaran di kelas, namun tidak mengantikan peran guru secara keseluruhan dalam mengajar.

Contohnya adalah Microsoft Powerpoint.

5. Multimedia Pembelajaran Mandiri

Multimedia Pembelajaran Mandiri
Lintar Media

Multimedia pembelajaran mandiri merupakan suatu software yang bisa dimanfaatkan secara mandiri oleh siswa tanpa bantuan guru.

Multimedia pembelajaran mandiri juga harus bisa dalam menggabungkan explicitknowledge, dan tacit knowledge mengandung fitur asemen untuk latihan ujian dan simulasi termasuk juga tahapan dalam pemecahan suatu masalah.

Contoh dari multimedia pembelajaran mandiri adalah, Macromedia Authorware atau Adobe Flash.

6. Perangkat Multimedia 

Kit multimedia 
ThePianoSG

Multimedia kits merupakan suatu kumpulan materi atau pembelajaran yang meliputi lebih dari satu jenis media yang diorganisir di sekitar topik utama.

Didalamnya juga termasuk CD ROOM, KASET, AUDIO, GAMBAR DIAM, STUDY  CETAK, TRANSPARANSI OVERHEAD.

Tujuannya adalah untuk proses presentasi di dalam kelas keunggulan: multimedia kits membakitkan karena mereka multi sensorik.

Multimedia kits menjadi maksime serta ideal sebagai media untuk merangsang kerja kelompok proyek kecil, kits mempunyai keunggulan tersendiri, yaitu dapat di angkut dan digunakan di luar kelas (logiostik).

7. Jenis Multimedia Hypermedia

Ini merupakan perpanjangan dari Hipertex, yaitu dokumen yang terdiri dari teks, audio, informasi visual yang disimpan dalam komputer.

Contoh dari hypermedia yaitu ketika dalam suatu pembelajaran mengunakan link pada sebuah web.

8. Jenis Multimedia (Media Interaktif)

Sistem pembelajaran interaktif merupakan sistem pengiriman atau pemberian pelajaran yang direkam secara visual, suara dan bahan video yang disajikan di bawah kontrol komputer.

Tujuannya agar tidak hanya melihat dan mendengar suara, namun juga untuk membuat tanggapan secara aktif dari siswa.

Keunggulan dari sistem ini yaitu adanya beberapa teks, audio, graif, gambar, diam dan semua gerak gambar dapat dikombinasikan sehingga mudah di gunakan.

9. Jenis Multimedia (Virtual Realitas)

Virtual Realitas
Monster AR

Virtual reality atau dikenal juga dengan realitas maya merupakan teknologi untuk pembelajaran yang memungkinkan pengguna untuk dapat berinteraksi dalam suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer.

Entah itu suatu lingkungan yang sebenarnya ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imajinasi.

Jenis Jenis Aplikasi Multimedia

Aplikasi atau software multimedia merupakan perangkat lunak yang dimanfaatkan untuk mengolah berbagai macam media informasi seperti teks, gambar, video, foto, audio, dan lain lainnya.

Hingga saat ini ada banyak sekali software yang bermunculan, mulai dari yang hanya dapat melihat saja hingga dapat digunakan untuk membuat dan mengedit.

Secara umum, software multimedia dapat dikategorikan menjadi 5 jenis yaitu untuk animasi, desain, audio, foto dan video.

Nah, berikut ini jenis jenis aplikasi (software) multimedia yang saat ini banyak digunakan.

1. Media Player

Jenis aplikasi Multimedia
toriqa.com

Media player adalah salah satu jenis perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengolah informasi dalam bentuk audio atau video.

Umumnya beberapa aplikasi media player sudah dapat memutar informasi baik itu audio ataupun vidio. Berikut ini beberapa software media player, antara lain:

  • Windows Media Player: merupakan Software yang diproduksi oleh Microsot, biasanya sudah satu paket dalam Microsoft Windows.
  • Winamp: merupakan software yang bersifat freeware atau komersil, aplikasi ini diproduksi oleh Nullsoft. Inc.
  • Power DVD: merupakan software yang yang diproduksi oleh Cyberlink.
  • DivX Player: merupakan jenis software yang bersifat freeware, aplikasi ini diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
  • XMMS: merupakan software audio yang sifatnya open source, aplikasi ini berada di bawah naungan lisensi GNU (General Public Lisensi)

2. Editor Gambar

Editor Gambar Perangkat Lunak
PiZap

Image Editor merupakan perangkat lunak yang mempunyai fungsi untuk menggambar atau mengedit image / foto.

Software-software untuk editor image saat ini sudah banyak yang bermunculan mulai dari yang memiliki fungsi editing sederhana hingga fitur yang kompleks.

Ada dua jenis image yang dihasilkan oleh sebuah image editor, yakni bitmap image dan juga vector image.

Berikut ini beberapa contoh software image editor antara lain:

  • Adobe Photoshop.
  • CorelDraw.
  • GIMP.

3. Audio / Video Editor

Jenis aplikasi atau software yang satu ini dapat digunakan untuk mengedit atau membuat media dalam bentuk video dan audio.

Biasanya Proses pengeditan video atau audio berupa konversi format, manipulasi kualitas, dan masih banyak lainnya.

Berikut ini beberapa software untuk editing video dan audio saat ini, antara lain:

  • Adobe Premiere Pro.
  • Windows Movier Maker.
  • Keberanian.

4. Grafik / Penampil Gambar

Jenis Aplikasi Multimedia( Melihat Gambar)
Neowin

Perangkat lunak Graphic digunakan untuk melihat (view) gambar secara terorganisasi dalam sebuah direktori.

Sekarang juga sudah banyak format image yang sudah di support oleh aplikasi image viewer, misalnya bmp, jpeg/jpg, gif, png, ico, dan lain lain.

Berikut beberapa aplikasi image viewer yang dapat anda gunakan, diantaranya.

  • ACDSee.
  • XNView.
  • Irfan View.
  • Microsoft Picture Manager.
  • Microsoft Picture and Fax Viewr.

5. Animasi

Jenis software seperti animasi ini memang dikhususkan untuk membuat atau mengedit dalam bentuk animasi.

Animasi adalah suatu gambar bergerak ataupun video yang disatukan dalam suatu konten gambar yang fiktif.

Berikut ini beberapa contoh software khusus tentang animasi, antara lain yaitu:

  • Macromedia Flash.
  • Perangkat Lunak Animasi Houdini.
  • Power Animator.
  • Dan lain-lainnya.

6. Grafik 3D

Jenis aplikasi Multimedia Grafik 3D
HelloLuxx

Aplikasi Multimedia (Grafik 3D) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengedit informasi dalam bentuk gambar 3D.

3 Dimensi adalah representasi gambar dengan bentuk geometri 3 dimensi.

Sebagai contoh untuk perangkat lunak grafik 3D yang dapat Anda gunakan di komputer adalah:

  • Arsitektur Reit.
  • Autodesk Maya.
  • Blender.
  • Max Autodesk 3Ds.
  • Bioskop 4D.
  • 3D Lightwave  .
  • Mode.
  • Senjata nuklir

Lihat juga: (Panduan Instalasi Jaringan Komputer)

Jenis Jenis Konten Multimedia

Menurut pendapat (Green & Brown) Multimedia interaktif merupakan gabungan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari:

1. Teks

Teks adalah simbol yang berupa medium visual yang dapat digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan secara efektif.

Teks itu sendiri memiliki beberapa jenis, bentuk dan jenis, seperti: Time New Roman, Arial, Comic San MS), ukuran dan hutan.

Untuk satuan ukuran dari suatu teks terdiri dari length dan size.

2. Grafik

Grafik merupakan suatu medium yang berbasis visual, dan seluruh gambar dengan dua dimensi itu adalah grafik.

Jika suatu gambar dirender dalam bentuk tiga dimensi (3D), maka tetap akan tampil melalui medium dua dimensi.

Demikian juga suatu gambar yang ditampilkan melalui kertas, televisi ataupun layar monitor, tetap dalam grafik bisa saja berbentuk kenyataan (reality) atau hanya hanya dalam bentuk iconic.

Contoh penyajian grafik dalam bentuk kenyataan adalah foto dan contoh grafik yang disajikan berbentuk iconic adalah kartun.

Contoh lain gambar yang biasa dipasang dipintu toilet untuk membedakan toilet laki-laki dan perempuan itu juga merupakan contoh grafik dalam bentuk iconik.

3. Audio

Medium berbasis suara atau yang lebih dikenal dengan audio merupakan segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran.

Contohnya adalah: narasi, lagu, sound effect, back sound.

Multimedia  pembelajaran  merupakan suatu lingkungan belajar berbasis  komputer dengan memanfaatkan fleksibilitas komputer dalam mengatasi masalah-masalah belajar.  Menurut  Lee  &  Owens tahun 2004, seperti  kebanyakan sistem mengajar, komputer bisa dimanfaatkan sebagai alat mengajar  untuk memberi penguatan, merangsang untuk belajar, berikut juga memotivasi  untuk belajar.

Fungsi Multimedia

Fungsi Multimedia
Sistem Teknologi

Menurut Gumelar tahun 2014, fungsi Multimedia adalah untuk menyajikan dan menggabungkan teks, animasi, suara, gambar dan video dengan tools sebagai alat bantu dan link sehingga memungkinkan pengguna dapat melakukan navigasi, interaksi, berkarya serta berkomunikasi.

Ok, mungkin cukup sekian pembahasan yang dapat saya sampaikan melalui tulisan artikel ini.

Semoga apa yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat walaupun sedikit untuk Anda dan Indonesia, saya juga berharap untuk para anak muda agar selalu bersemangat memperdalam pengetahuan terlebih disini teknologi.

Karena kita tau, semangat jiwa muda kita adalah penentu bagaimana bangsa dan negara maju kedepannya.

https://toriqa.com/jenis-jenis-multimedia/


Desain Grafis : Pengertian, Jenis, Ketrampilan, Aplikasi, Prinsip dan Elemen

Desain Grafis : Pengertian, Jenis, Ketrampilan, Aplikasi, Prinsip dan Elemen – Di zaman serba komputerisasi saat ini adakah yang belum paham apa itu yang di maksud Desain Grafis? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu desain grafis dan hal-hal lain tentangnya. Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Desain Grafis : Pengertian, Jenis, Ketrampilan, Aplikasi, Prinsip dan Elemen


Desain grafis adalah adalah kegiatan kreatif untuk menciptakan karya yang fungsional dan estetis untuk berbagai jenis media yang proses komunikasinya tidak hanya mengandalkan teks, justru cenderung lebih banyak menggunakan unsur visual. Desain grafis adalah suatu proses (kata kerja) sekaligus hasil dari proses itu sendiri (kata benda).

Desain grafis bermula dari berbagai produk statis noncetak seperti poster, borsur, majalah, dsb. Namun seiring perkembangan zaman, media non cetak juga menjadi media yang digelutinya. Seiring perkembangan zaman juga pengertian desain grafis semakin meluas dan sering digantikan oleh istilah lain yang lebih umum seperti: Grafis Komunikasi dan Desain Komunikasi Visual.

Mengeksplorasi tujuan dan fungsi dari desain grafis juga dapat membawa pemahaman kita terhadap pengertian desain grafis dengan lebih baik. Desain grafis identik dengan penggunaan perangkat lunak pengolah grafis seperti Adobe Illustrator, Corel Draw dan Photoshop. Namun sebetulnya berbagai aplikasi itu hanyalah alat yang digunakan dalam melakukan proses perancangan.

Tugas utama seorang desainer grafis adalah menjadi pemecah masalah untuk kebutuhan komunikasi visual. Seorang desainer grafis bukanlah hanya seseorang yang mampu menggunakan perangkat lunak komputer grafis. Seorang desainer juga tidak hanya harus piawai dalam menggambar menggunakan pensil.

Hakikatnya seorang desainer grafis adalah seorang perancang, pencetus, dan penemu ide. Seorang desainer grafis memiliki tanggung jawab untuk mengubah komunikasi verbal menjadi komunikasi visual agar suatu pesan dapat diterima dengan lebih mudah diiringi estetika dan pencitraan yang lebih baik.

Pengertian desain menurut JB Reswick adalah: kegiatan kreatif yang melibatkan penciptaan sesuatu yang baru dan berguna yang tidak ada sebelumnya. Lebih lanjut Yasraf menjelaskan, dengan demikan desain merupakan kegiatan kreatif-progresif dengan produk, yang produk akhirnya adalah kebaruan dan perbedaan. (Piliang, 2008: 384).

Pernyataan itu juga sejalan dengan asal-muasal kata “Desain” yang dipinjam dari bahasa inggris, yaitu: Design. Dalam Kamus Oxford, Design berarti rencana atau gambar yang dibuat untuk menunjukkan tampilan dan fungsi atau cara kerja bangunan, pakaian, atau benda lain sebelum dibuat.

Grafis sendiri berasal dari kata Graphic dalam bahasa inggris, yang berarti sesuatu yang berhubungan dengan seni rupa, termasuk gambar, ilustrasi, pahatan hingga ke kaligrafi. Kata Graphic berasal dari bahasa Yunani, yaitu: graphikos yang berarti menggambar atau menulis.

Berikut adalah bebrapa pengertian Desain Grafis menurut para ahli diantaranya sebagai berikut :

  • Suyanto, Desain grafis dapat didefinisikan sebagai aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri (yang biasa disebut seni komersil).
  • Danton Sihombing, Desain Grafis adalah mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar, baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi
  • Jessica Helfand, Desain Grafis adalah kombinasi yang kompleks antar teks dan gambar, angka dan grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seseorang yang bisa menggabungkan elemen-elemen tersebut, sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang unik, sangat berguna, mengejutkan atau subversif dan mudah diingat.
  • Preble & Sarah, Graphic Design atau Desain Grafis adalah suatu istilah penamaan yang mengacu pada latar dwimatra atau dua dimensi (2d) yang bervariasi baik format dan kompleksitasnya ( Preble, Duane and Sarah,1985:211).
  • Blanchard, Desain Grafis adalah suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni, dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.
  • Warren, Desain Grafis adalah “Suatu terjemahan dari ide dan tempat kedalam beberapa jenis urutan struktural dan visual”.

Jenis Desain Grafis

Adapun beberapa jenis dari desain grafis yang sering digunakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Drafter

Fungsi: membuat rancangan bangunan atau yang berkaitan dengan arsitektur atau industri.

Info:

  • memerlukan ketelitian yang tinggi.
  • Aplikasi yang dapat biasa digunakan: autocad, archicad, 3D revit architecture

Editor

Fungsi: membuat cover atau sampul, banner, stiker, logo, poster, kartu nama, dan yang lainnya.

Info:

  • sering dibutuhkan dalam dunia publikasi dan periklanan.
  • Aplikasi yang dapat biasa digunakan: adobe photoshop, corel draw, illustrator

Layouter

Fungsi: membuat tatanan letak pada koran atau majalah agar enak dipandang.

Info:

  • sering dibutuhkan dalam dunia percetakan.
  • Aplikasi yang dapat biasa digunakan: MS.publisher, adobe page maker, adobe InDesign

Art Director

Fungsi: membuat karya seni berupa visual effect atau hiasan.

Info:

  • memerlukan kreatifitas yang tinggi.
  • Aplikasi yang dapat biasa digunakan: photoshop, corel draw, Art creator, photo paint

Fotografer

Fungsi: untuk pengeditan foto.

Info:

  • harus mempunyai keahlian yang tinggi dalam fotografi
  • jago mengedit foto sesuai dengan event yang perfect
  • memerlukan kreatifitas yang tinggi
  • menguasai software aplikasi editing
  • sering dibutuhkan dalam dunia editor foto, fotografi, dan wartawan
  • Aplikasi yang dapat biasa digunakan: photo studio, ieworks

Animator

Fungsi: untuk menunjang pekerjaan dalam bidang motion grafis, iklan dan juga film fantasi.

Info:

  • memerlukan daya tahan yang tinggi
  • memerlukan kesabaran yang tinggi
  • memerlukan kreatifitas yang tinggi
  • memerlukan pengetahuan yang tinggi
  • sering dibutuhkan dalam dunia pertelevisian, perfilman serta advertising
  • Aplikasi yang dapat biasa digunakan: adobe flash, after effect, 3D maya, gif animator

Visualisator

Fungsi: memberikan suatu gambaran dalam sebuah karya produk yang berbentuk real atau 3D.

Info:

  • setiap orang yang ingin menggunakan desain grafis jenis ini harus memiliki kemampuan otak kanan yang tinggi
  • menguasai aplikasi desain grafis visualisator
  • sering dibutuhkan dalam dunia visualisasi produk dan presentasi produk
  • Aplikasi yang dapat biasa digunakan: 3D max, autocad, digital clay

Video Editor

Fungsi: untuk mengedit film atau video sekaligus merangkapnya sebagai video shooter.

Info:

  • memerlukan imajinasi yang tinggi
  • sering dibutuhkan dalam dunia industri music dan perfilman
  • Aplikasi yang dapat biasa digunakan: after effect, sony vegas, video studio

Integrater Designer

Fungsi: untuk mengedit film atau video sekaligus merangkapnya sebagai video shooter.

  • Aplikasi yang dapat biasa digunakan: premiere pro

Prinsip dan Elemen Desain Grafis

Prinsipnya pun hampir sama dengan desain lainnya, seperti:

  • Ruang Kosong (White Space)
  • Keseimbangan (Balance)
  • Kejelasan (Clarity)
  • Ritme (Rhythm)
  • Kesederhanaan (Simplicity)
  • Tekanan (Point of Interest atau Emphasis)
  • Proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity)

Secara garis besar, terdapat 10 elemen desain, diantaranya yaitu:

  • Line (Garis)
  • Form & Space (Bentuk & Ruang)
  • Color (Warna)
  • Type (Teks)
  • Texture & Image (Tekstur & Gambar)
  • Balance (Keseimbangan)
  • Contrast (Kontras)
  • Continuity (Kontinuitas)
  • Repetition (Repetisi)
  • Unity (Kesatuan).

Keterampilan Desain Grafis

Keterampilan yang diperlukan dalam dunia desain grafis diantaranya :

  • Seni Visual,Ilmu yang termasuk ke dalam seni visul yaitu: fotografi dan digital imaging.
  • Tipografi, Tipografi merupakan seni dalam merancang, menyusun, dan memodifikasi huruf seestetik mungkin.Untuk membuat tipografi pun ada beberapa peraturan tertentu, diantaranya:
    • ukuran huruf
    • jenis huruf
    • tracking (jarak antar huruf secara umum)
    • kerning (jarak antar dua huruf yang spesifik)
    • leading (jarak antar baris)
  • Tata Letak, Seni dalam menyusun konten atau elemen yang terdapat di dalam suatu halaman dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pembaca.Keterampilan tata letak ini biasanya digunakan dalam dunia percetakan seperti: majalah, buku, koran, tabloid atau yang lainnya.
  • Desain Interaksi, Sejak perkembangannya dalam dunia teknologi informasi, para desainer grafis mulai merancang tampilan dari perangkat lunak (Antarmuka Pengguna Grafis atau APG (Inggris: Graphical User Interface (GUI)) serta tampilan dari halaman web.Desainer grafis tersebut bekerja sama dengan para pengembang situs web atau pengembang software dalam merancang tampilan.Guna meningkatkan kenyamanan user ketika mengenakan perangkat lunak atau ketika mengunjungi situs dalam web.
  • Pewarnaan, Seorang desainer harus dapat mengaplikasikan warna dengan tepat sehingga akan membuat suatu karya yang enak untuk dipandang.
  • Penguasaan Software, Untuk menunjang kegiatan desain supaya lebih mudah.
  • Sketsa, Seorang desainer harus dapat membuat suatu sketsa atau rancangan mengenai karya yang akan diciptakan secara baik dan benar.
  • Desain Interaksi, Mendesain produk interaktif dengan tujuan untuk membantu manusia dalam berkomunikasi sekaligus berinteraksi dalam kehidupan dan juga pekerjaan sehari-hari.
  • Nirmana, Cara penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang serta tekstur sehingga akan menjadi satu kesatuan yang harmonis.

Aplikasi Dunia Desain Grafis

Berikut beberapa perangkat lunak atau aplikasi yang biasa digunakan dalam desain grafis:

  • Adobe Photoshop
  • Adobe image ready
  • AirBrush
  • Coreldraw
  • Infinite Design
  • Afterlight
  • PicsArt
  • GIMP
  • Adobe Indesign
  • Adobe Photoshop Express
  • Adobe Photoshop MIX
  • Adobe Photoshop FIX
  • Designapp Design Graphic
  • Desktop publishing
  • Adobe Photoshop Lightroom CC
  • Canva
  • Adobe Page Maker
  • Adobe Illustrator Draw
  • Desygner
  • AutoCAD
  • Macromedia Freehand
  • Snapseed
  • 3DC.io – 3D Modeling
  • Paint Tool SAI
  • Adobe Illustrator
  • Inkscape

Desain Grafis : Pengertian, Jenis, Ketrampilan, Aplikasi, Prinsip dan Elemen

Dampak Karya Desain Grafis


Dampak Positif

  • Dapat memperkenalkan karyanya secara luas melalui media internet.
  • Bisa mempelajari ilmu desain grafis dengan lebih mudah serta akan memperkaya teknik dalam proses pembuatan seni melalui internet.
  • Karya dalam yang berwujud foto bisa terlihat lebih lembut dengan melakukan proses pengeditan.
  • Progam desain grafis yang telah ada semakin muktahir serta bisa menghasilkan karya yang mempunyai sebuah rasa dari penciptanya.
  • Komunikasi menjadi lebih mudah diantara pada desainer di dunia untuk bertukar ilmu sehingga dapat menciptakan karya yang luar biasa.
  • Memberikan fasilitas yang lebih mudah untuk menjual maupun membeli hasil karya seni yang telah diciptakan.

Dampak Negatif

  • Karya dapat dicuri atau biasa disebut sebagai plagiat.
  • Karna perkembangan teknologi yang semakin canggih, tak elak jika desain grafis manual akan lebih mudah ditinggalkan.

https://www.seputarpengetahuan.co.id/2020/05/desain-grafis.html


Database : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contoh


Pengertian Database – Halo para pembaca setia dosenpintar.com. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas artikel mengenai Database : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contohnya. Salah satu bukti dari berkembangnya teknologi tak luput dari keberadaan database yang mungkin sudah familiar bagi kita semua. Yuk langsung aja simak artikel berikut untuk penjelasan lengkap mengenai database.

Pengertian Database

Pengertian Database Menurut Para Ahli

Dataase atau sering disebut dengan basis data merupakan kumpulan informasi yang disimpan dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer. Sedangkan menurut para ahli, pengertian database antaralain sebagai berikut :

1. Jogiyanto

Menurut Jogiyanto database merupakan kumpulan data serta informasi yang terintegritas, dimana data tersebut tersimpan di simpanan luar komputer sehingga memerlukan software/aplikasi untuk memanipulasinya

2. Abdul Kadir

Sedangkan menurut Abdul Kadir database adalah suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terhubung sehingga memudahkan untuk memperoleh informasi.

3 Fabbri dan Schwab

Pengertian database menurut mereka adalah sebuah sistem berkas terpadu yang dirancang terutama untuk dapat meminimalkan pengulangan data (redudancy).

4. Toni Fabbri

Sedangkan pengertian database menurut Toni Fabbri yaitu sebuah sistem file-file dan data yang terintegrasi dimana file dan data tersebut memiliki primary key untuk melakukan pengulangan data.

5. Gordon C. Everest

Adapun menurut Everest pengertian database adalah kumpulan data yang bersifat mekanis, terbagi atau shared, terdefinisi secara formal dan juga terkontrol, yang mana pengontrolan tersebut terpusat pada suatu organisasi.

 

Fungsi Database

Mungkin bagi orang awam database hanyalah sebuah kumpulan data, namun ternyata database memiliki fungsi antaralain sebagai berikut :

  • Database berfungsi untuk mengelompokkan data agar lebih mudah dipahami.
  • Menghindari terjadinya redudansi atau pengulangan data.
  • Memudahkan dalam menyimpan, mengedit, dan menghapus data
  • Mejamin integritas data.
  • Solusi dalam proses penyimpanan data, terutama data yang besar.
  • Menunjang kinerja aplikasi yang membutuhkan sebuah penyimpanan data.

 

Manfaat Database

Adapun manfaat dari database antaralain :

1. Tidak Terjadi Redudansi Basis Data

Database bisa membantu meminimalisir pengulangan data (redudansi data), supaya tidak ada data-data ganda di dalam database.

2. Integritas Data Terjaga

Database dapat memastikan keakuratan, aksesbilitas, konsistensi serta kualitas tinggi pada suatu data yang telah disimpan.

3. Independensi Data Terjaga

Meskipun orang lain dapat mengakses database, namun database menjaga idependensi supaya orang lain tidak dapat merubah data tersebut.

4. Kemudahan Berbagi Data

Database dapat dibagikan ke sesama pengguna menggunakan software atau perangkat lunak.

5. Menjaga Keamanan Data

Keaman akan informasi dan data terjamin dalam database, sebab kita bisa menyisipkan suatu kode akses data-data tertentu agar tidak dapat diakses orang lain.

6. Kemudahan Akses Data

Karena semua data terorganisir, kita bisa dengan mudah mendapatkan dan mengakses data di database.

 

Tipe-Tipe Database

Terdapat beberapa tibe dari database, antaralain :

  1. Relational Database, merupakan database yang paling umum dan sering digunakan dan merupakan standar komputansi bisnis.
  2. Analytical Database, merupakan database yang digunakan untuk menyimpan informasi dan data yang di ambil dari eksternal database.
  3. External Database, merupakan database yang menyediakan akses luar (eksternal), dan data pribadi online.
  4. Distributed Database, merupakan kelompok kerja lokal database dan departemen di berbagai kantor dan lokasi kerja lainnya.
  5. Data Warehouse, merupakan tempat penyimpanan data dari tahun-tahun sebelumnya hingga saat ini.
  6. End-user Database, merupakan database yang terdiri dari file-file data yang dikembangkan dari end-user dalam workstation
  7. Real Time Database, merupakan sistem pengolahan yang dirancang dalam beban kerja yang bisa berubah-ubah dan tidak berpengaruh pada waktu.
  8. Oriented Database, merupakan salah satu program komputer yang dirangkaiuntuk sebuah aplikasi yang berorientasi pada dokumen.
  9. In Memory Database, database yang bergantung pada memori untuk menyimpan sebuah data dalam komputer.
  10. Navigational Database, disini queries menjumpai benda bagi yang mengikuti referensi dari objek tertentu.
  11. Hypermedia Database on the Web, sekumpulan halaman multimedia yang saling berkaitan dalam ssebuah situs web

 

Struktur Data Database Pada Table

  • Database File, file utama meliputi keseluruhan basis data dan disimpan ke media penyimpanan (hardisk)
  • Table, kumpulan data spesifik, terdapat berbagai macam field dan record.
  • Field, kategori (kolom) yang ada dalam sebuah table yang memiliki data type berbeda-beda.
  • Datatype, properti dari setiap field yang terdiri dari alfanumerik, numerik, date, suara dan gambar.

 

Jenis-Jenis Software Database

1. Microsoft Access

Software ini cocok digunakan untuk sebagian besar komputer yang rasional, selain itu apabila kamu menjalankan bisnis rumahan, kamu dapat menggunakan sistem database ini karena sangat ringan dan format datanya sangat umum sehingga mudah dibaca.

2. Oracle

Perangkat lunak ini mampu menyimpan data dengan ukuran maksimum hingga tera byte. Software ini sering digunakan di sebagian besar perusahaan.

3. Ms SQL Server

Merupakan software manajemen basis data yang umum digunakan pada Microsoft, yang mana tipe data yang digunakan juga cukup banyak sehingga sangat efektif untuk digunakan.

4. MySQL

Merupakan perangkat lunak database yang open access untuk umum dan kompatibel pada sistem operasi windows dan linux.

5. Firebird

Firebird memiliki fitur yang standar dan ringan, dan kompatibel untuk digunakan pada sistem operasi windows, linux dan unix.

6. Postgre SQL

Merupakan software database open source dan sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam pekerjaan pribadi, karena software ini menggunakan bahasa pemrograman C, C++, SQL, PHP dan lain sebagainya.


https://dosenpintar.com/pengertian-database/




Pengertian Pemrograman Desktop dan Contoh Bahasa Pemrogramannya




Pengertian Pemrograman Desktop

  • Pemograman Dekstop adalah sebuah pemograman dimana sesorang membuat program yang berbasic dekstop, misalnya anda membuka aplikasi yang ada di komputer anda kita misalkan kita membuka aplikasi paint.
  • Pemograman Desktop adalah dimana seseorang mengembangan sebuah program yang dapat dijalakan dengan komputer dan file dari program tersebut dieksekusi dalam file system komputer itu sendiri 



Perbedaan antara Pemograman Dekstop, Web, Mobile 

Pertama sebenarnya pemograman dekstop dan web adalah sama, hanya dalam media menjalankannya yang berbeda, jika dalam pemograman dekstop aplikasi dapat dijalankan secara langsung dengan komputer, namun jika pemograman web harus mengunakan browser untuk mengesekusinya, biasanya pemograman web itu adalah aplikasi yang dijalankan dengan online namun juga ada yang bisa kita jalankan dengan offline ,dengan cara mendownload data yang akan kite eksekusi di browser sendiri

Definisi perbedaan antara pemograman dekstop dan web
  • pemograman dekstop bisa dijalankan offline maupun online ,program yang dijalankan dari file komputer senditri contoh dari bahsa pemograman ini adalah : NET ,c# ,c++ <java
  • pemograman web ,biasanya dijalankan aplikasi ini dengan menjalakan file system yang ada diserver dan harus online misal tipe bahasa pemograman dari web adalah : html ,php,mysql ,css,dan lain lainya js juga bisa
Pemograman Mobile  
Mobile adalah sebuah media sperti handphone ,tab dan lain lain ,dalam pemograman ini biasanya mementingkan dari segi tampilan yaitu mobile ,jika dulu pemograman mobile dengan java phone ,symbian phone ,dan sekarang menjadi android phone ,format dari aplikasi pemograman nya juga berbeda beda, misal java mengunakan format jar , symbian dengan format zip ,dan android sekarang ini  dengan format apk.



.MACAM MACAM BAHASA PEMROGRAMAN DESKTOP

Macam-macam Bahasa Pemrograman Desktop, diantaranya :
  • Java
  • C
  • C++
  • PHP
  • Visual Basic
  • C#
  • Phyton
  • PERL



JAVA

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan diterbitkan tahun 1995. Java tidak boleh disalahpahami sebagai JavaScript. JavaScript adalah bahasa scripting yang digunakan oleh web browser.
Sebagai bahasa pemrograman berorientasi object Java Platform Standard Edition (JSE) menyediakan lingkungan yang lengkap untuk pengembangan aplikasi di desktop dan client/server. Materi pelatihan pada Java Fundamental (JSE) akan fokus ke masalah pengantar aplikasi Java, pemrograman berorientasi object (OOP), dan berbagai teknik yang digunakan pada pemrograman bahasa Java. Materi disajikan dengan metode perimbangan teori-praktek, dengan harapan bahwa peserta training disamping memahami paradigma berorientasi objek, juga memiliki skill pemrograman Java di level dasar-intermediate.




C

Bahasa pemrograman C dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia. C secara luar biasa mempengaruhi bahasa populer lainnya, terutama C++ yang merupakan extensi dari C.
Bahasa C merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer di mata para pakar dunia komputer, terutama di kalangan pendidikan, karena bahasa C dianggap sebagai bahasa yang memiliki banyak keunnggulan dibanding bahasa yang lain. Dilihat dari sisi sintaksnya Bahasa C sangat mudah dipelajari baik bagi kalangan pelajar/mahasiswa maupun kalangan masyarakat umum, dan dari segi kecepatan Bahasa C sangat tangguh karena bisa berjalan secepat bahasa tingkat rendah (rakitan). Karena keunggulannya tersebut, bahasa C dipakai sebagai mata kuliah wajib hampir di seluruh perguruan tinggi di dunia.




C++

Perbedaan Antara Bahasa pemrograman C dan C++ adalah meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan, C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam su-submasalah yang lebih kecil, Selain itu, C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class




PHP

PHP adalah bahasa pemrograman Web yang paling banyak dipakai saat ini. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinam untuk digunakan untuk pemakaian lain.
Contoh terkenal dari aplikasi PHP adalah phpBB dan MediaWiki (software di belakang Wikipedia). PHP juga dapat dilihat sebagai pilihan lain dari ASP.NET/C#/VB.NET Microsoft, ColdFusion Macromedia, JSP/Java Sun Microsystems, dan CGI/Perl. Contoh aplikasi lain yang lebih kompleks berupa CMS yang dibangun menggunakan PHP adalah Mambo, Joomla!, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain.
Kelebihan PHP adalah tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya. Web Server yang mendukung php dapat ditemukan dimana – mana dari mulai IIS sampai dengan apache, dengan configurasi yang relatif mudah. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis – milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan. Dalam sisi pemahamanan, php adalah bahasa scripting yang paling mudah karena referensi yang banyak. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (linux, unix, windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.




VISUAL BASIC

Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM), Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat. Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda. Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan. Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Dalam sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005, 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java




C#

C# adalah sebuah bahasa pemrograman modern yang bersifat general-purpose, berorientasi objek, yang dapat digunakan untuk membuat program di atas arsitektur Microsoft .NET Framework. Bahasa C# ini memiliki kemiripan dengan bahasa Java, C dan C++ (selengkapnya dapat dilihat pada Sejarah Bahasa C#). Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh sebuah tim pengembang di Microsoft yang dipimpin oleh Anders Hejlsberg, seorang yang telah lama malang melintang di dunia pengembangan bahasa pemrograman karena memang ialah yang membuat Borland Turbo Pascal, Borland Delphi, dan juga Microsoft J++. Kini, C# telah distandarisasi oleh European Computer Manufacturer Association (ECMA) dan juga International Organization for Standardization (ISO) dan telah menginjak versi 3.0 yang mendukung beberapa fitur baru semacam Language Integrated Query (LINQ) dan lain-lainnya



PHYTON


Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang sangat powerfull dan mudah untuk dipelajari. Python memiliki struktur data tingkat tinggi yang sangat efisien dan sederhana tapi efektif untuk penerapan pemrograman berorientasi objek.
Python memiliki syntax dan type data dinamis yang elegan hingga membuatnya menjadi bahasa yang sangat ideal untuk scripting dan pengembangan aplikasi diberbagai bidang dan flatform system operasi.
Interpreter Python dan kumpulan library-nya bisa didapatkan gratis di situs resminya http://www.python.org/, dan boleh didisribusikan secara bebas. Di situs ini Anda juga bisa mendapatkan distribusi dan modul serta link-link situs yang menyediakan modul, program dan tool serta dokumentasi tambahan. Interpreter Python sangat mudah ditambahkan dengan fungsi-fungsi baru dan tipe data yang diimplementasikan dengan C/C++ atau bahas pemrograman lain yangdapat dipanggil menggunakan C. Python juga cocok untuk digunakan sebagai bahasa tambahan untuk kustomisasi aplikasi, seperti yang banyak digunakan dalam aplikasi GNU/Linux.(Python Documentation)




PERL

Perl umum adalah bahasa pemrograman-tujuan awalnya dikembangkan untuk manipulasi teks dan digunakan untuk berbagai tugas termasuk sistem administrasi, pengembangan web, pemrograman jaringan, pengembangan GUI, dan banyak lagi.
Berjalan pada mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. Biaisan bahasa ini dimaksudkan untuk menjadi praktis karena mudah digunakan, efisien, lengkap juga indah, kecil, elegan, minimal. Besar fitur yang mudah digunakan, mendukung kedua prosedural dan berorientasi objek (OO) pemrograman, telah built-in untuk mendukung pemrosesan teks, dan memiliki satu dunia yang paling mengesankan koleksi dari modul pihak ketiga.. 

http://simulasidigital-muchamadekisa.blogspot.com/2019/12/pengertian-pemrograman-desktop-dan.html

Web Programing


Loncat ke navigasiLoncat ke pencarian

Teknologi Web


I. Pengenalan

World Wide Web adalah layanan internet yang paling populer saat ini. Internet mulai dikenal dan digunakan secara luas setelah adanya layanan WWW. WWW adalah halaman-halaman website yang dapat saling terkoneksi satu dengan lainnya (hyperlink) yang membentuk samudra belantara informasi. WWW berjalan dengan protokol HyperText Transfer Protokol (HTTP), dengan menggunakan HTTP dapat membuat user untuk mengakses suatu halaman web melalui protocol TCP/IP menjadi lebih mudah.

Halaman Web merupakan file teks murni (plain text) yang berisi sintaks-sintaks HTML yang dapat dibuka/dilihat/diterjemahkan dengan Internet Browser ketika Sintaks HTML mampu memuat konten text, gambar, audio, video, dan animasi.


II. Internet & Web Browser

Browser adalah sebuah program aplikasi atau software yang me-request dokumen-dokumen dari komputer-komputer yang terkoneksi internet (server) di seluruh dunia, dan menampilkan informasi dari dokumen tersebut pada window browser. Browser menampilkan sesuai instruksi (format) HTML yang dibuat pada dokumen tersebut.


III. Sejarah World Wide Web

  • Hypertext [Bush 1945, Nelson 1960’s], Awal '90-an, Tim Berners-Lee, sarjana fisika pada riset Nuklir Swiss (CERN) menciptakan HyperText Markup Language (HTML) dan Browser teks pertama: Lynx.
  • Pada saat ini Berners-Lee memimpin WWW Consorsium (W3C) lembaga yang menyusun standardisasi HTML dan dokumen web.
  • Tahun 1993: Browser grafis pertama: Mosaic dibuat oleh Andressen dan Eric Bina (mahasiswa University of Illinois)
  • Tahun 1994: Andressen kemudian bekerja untuk Netscape, dan membuat Netscape Navigator, browser grafis populer pertama
  • Tahun 1995: Microsoft membuat Internet Explorer
  • Pada saat ini Browser yang digunakan adalah: Mozilla FireFox, Opera, dll.


IV. Fakta

Browsing/surfing atau berselancar sudah merupakan aktivitas rutin sehari-hari. Internet menjadi sumber informasi yang tak terhingga! (apalagi dengan adanya Yahoo! dan Google). Jutaan halaman web baru bermunculan setiap hari. Konten web semakin bervariasi dan dapat dikontribusi oleh siapa saja, di mana saja.


V. Killer Appplication

1. Internet

  • Email
  • Off Games
  • Chat (mIRC, Yahoo Messenger)
  • Google Earth

2. Web Based

  • Search Engine (Yahoo!, Google)
  • Web Blog
  • Web Komunitas: Friendster, MySpace, Multiply, Hi5, glowing 360°, YouTube


VI. Kategori Web -an isi web:

  • Web Statis

Website ini merupakan website yang isi tampilannya selalu sama dan tidak akan pernah berubah kapan pun kita melihatnya dengan tampilannya selalu tetap dan tidak terkoneksi dengan database.(jika tidak di-update). Website ini hanya memungkinkan user untuk melihat isi dan informasi website tersebut tanpa bisa melakukan interaksi. yYng bisa dilakukan user hanyalah mengklik image dan link yang ada untuk berpindah dari halaman satu ke halaman yang lain. Website ini biasanya hanya berisi tag-tag HTML murni, CSS dan java script sebagai scripting language-nya.

  • Web Dinamis

Website yang isi tampilannya tidak statis. Website ini dibagi menjdi 2 bagian yaitu: 1. Client Side Technology Client side Technology adalah teknologi web programming dimana script dijalankan komputer client, tanpa berinteraksi dengan server. Di client slide teknlogi ini, code script sangat bergantung pada browaser yang digunakan. Contoh script: java script, VB script, ActiveX Contorl, Java Applets.

2. Server Side Technology Server Side Technology adalah teknologi web dengan script dijalankan di server, kemudian hasil dari pemrosesan itu kemudian dikirimkan ke client (browser) dalam bentuk HTML murni sehingga bisa ditampilkan oleh pengguna.

Keunggulan Server Side Technology: - Tidak tergantung pada browser - lebih aman, karena script di server tidak bisa dilihat browser - waktu load lebih cepat karena yang diunduh adalah dokumen HTML murni.

contoh script: PHP, ASP (Active Server Page), CGI (Common Gateway Interface).


HTML

Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa yang digunakan untuk menulis halaman web. HTML merupakan pengembangan dari standar pemformatan dokumen teks yaitu Standard Generalized Markup Language (SGML). HTML sebenarnya adalah dokumen ASCII atau teks biasa, yang dirancang untuk tidak tergantung pada suatu sistem operasi tertentu.

HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee ketika masih bekerja untuk CERN dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 1990 HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setiap pengembangan HTML pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik dari versi sebelumnya. Namun perkembangan resmi dikeluarkan pada bulan November 1995 oleh IETF (Internet Engineering Task Force). HTML 2.0 ini merupakan penyempurnaan dari HTML+ (1993). HTML 3.0 (1995) memberikan kemampuan lebih daripada versi sebelumnya. Sebuah usaha dari World Wide Web Consortium’s (W3C) HTML Working Group pada tahun 1996 menghasilkan HTML 3.2. HTML versi ini secara resmi diterbitkan pada bulan Januari 1997. HTML versi terbaru adalah HTML 4.01 yang dikeluarkan secara resmi oleh W3C pada tanggal 24 April 1998. HTML merupakan perbaikan dari HTML 4.0 yang lebih dulu diterbitkan. (18 Desember 1997).


XHTML

XHTML adalah sebuah kombinasi dari HTML dan XML (Extensible Markup Language) & merupakan bentuk sempurna (dalam arti, lebih ketat dan bersih dibandingkan HTML). Tujuan XHTML adalah menggantikan HTML. XHTML adalah bentuk HTML yang didefinisikan sebagai aplikasi XML yang berarti XHTML berisi semua elemen dalam HTML 4.01 dikombinasikan dengan sintaks XML. XHTML adalah bahasa markup sebagaimana HTML, tetapi dengan gaya bahasa lebih baik. XHTML merupakan versi HTML yang memenuhi persyaratan XML dan merupakan sebuah dokumen HTML, dan XHTML menjadi standar internasional dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh W3C (World Wide Web Consortium). Beberapa ciri dari XHTML:

Elemen XHTML harus bersarang dengan sempurna.
Elemen XHTML harus ditulis dalam huruf kecil
Elemen XHTML harus selalu diakhiri tag penutup
Dokumen XHTML harus memiliki satu root element

Dan sebagai contoh perbedaan dari HTML dan XHTML, lihat struktur standar berikut: Contoh HTML:

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>..........</TITLE>
</HEAD>
<BODY>.........</BODY>
</HTML>

Contoh XHTML:

<!DOCTYPE.....>
<html>
<head>
<title>........</title>
<body>......</body>
</html>




JHTML

JHTML yang merupakan singkatan dari Java Dynamic HTML adalah salah satu dari sekian banyak framework yang digunakan saat ini. JHTML memanfaatkan "Action" dari XML yang tertanam pada halaman HTML untuk secara dinamis menyusun halaman web. XML Action itu sendiri ditambahkan ke dalam halaman web kita untuk mempermudah pembuatan konten web dinamis.

Format XML Action:

<pager:insert page="page name"/>


JHTML dikembangkan oleh sebuah produk open source dari software house yang dikenal dengan nama Rio Software and Tecnologies Ltd.


Pemrograman Website

Dalam pemrograman website, dapat dibagi menurut berbagai sudut pandang. Berikut adalah susut pandang pemrograman website dilihat dari hak akses penggunanya.

1. Client Side Script:

Script yang ditambahkan dalam dokumen html, dieksekusi oleh browser client. Contohnya adalah Javascript dan VBScript. Ciri dari Client Side Script adalah script yang ditambahkan (embedded) pada halaman web yang sebelumnya hanya disusun dengan sintaks HTML. Penambahan script ini mempunyai tujuan tertentu misalnya menampilkan jam dan tanggal yang up-to-date, membuat menu yang dinamis (misal: pull down menu), melakukan fungsi kontrol terhadap sebuah window, membuat animasi sederhana, membuat animasi mouse, maupun untuk validasi form. 
Keuntungan dan kerugian Client Side Script adalah sebagai berikut.
a. Keuntungan:
-Waktu proses relatif cepat karena langsung dieksekusi oleh browser client
-Tidak memerlukan web server untuk hosting
-Dapat dieksekusi langsung oleh berbagai browser
b. Kerugian:
-Script bisa dilihat oleh pengguna
-Script dapat di copy-paste
-Tidak cocok untuk akses data atau database

2. Server Side Script:

Script yang ditambahkan dalam dokumen html, dieksekusi oleh server, hasilnya dalam bentuk html yang dikirim ke client. Server Side ini digunakan untuk membuat aplikasi web atau konten-konten dinamis seperti news dan buku tamu. Contoh dari sisi server ini adalah beberapa bahasa pemrograman web seperti PHP(open source dan banyak digunakan luas), Active Server Pages (ASP) dan ASP.Net yaitu teknologi yang dikembangkan oleh Microsoft, ColdFusion (CFM) yang dikembangkan oleh Macromedia, Java Server Pages dan Servlet yang dikembangkan oleh Sun Microsystem, Common Gateway Interface (CGI) yang dibuat dengan bahasa pemrograman C++ atau Perl, dan Server Side Include (SSI) seperti misalnya Frontpage Server Extension. Keuntungan dan kerugian Server Side Script adalah sebagai berikut.
a. Keuntungan:
-Script tidak bisa dilihat oleh pengguna, sehingga tidak dapat di-copy-paste
-Cocok untuk akses data atau aplikasi database
-Untuk membuat fitur-fitur tertentu yang berguna, misalnya: hit counter, user manajemen, disain yang dinamis, CMS, dll
b. Kerugian:
-Waktu proses relatif lebih lambat karena dieksekusi oleh server
-Memerlukan web server untuk hosting

Contoh dari aplikasi berbasis web pada saat ini sangat banyak variannya karena sebuah pekerjaan yang semula dikerjakan dengan teknik manual maupun aplikasi offline dikembangkan ke aplikasi web based seperti:

a. E-Commerce: describes the concept of conducting transactions between a buyer and a seller over an electronic network (Internet).
b. E-Business: describes all aspects of doing business on/with/through the Internet. E-Business includes all aspects of E-commerce.
c. E-Learning dan E-Government.
d. Dan jenis E-E yang lainnya.

Sedangkan untuk para pengembang atau para developer dari website sendiri dapat dibagi dan dipisahkan menjadi beberapa aktor atau bagian seperti:

a. Web Designer yang membuat desain web.
b. Web Programmer yang membuat script untuk halaman web.
c. Web Administrator yaitu sebagai administrator web.

Ketiga aktor inilah yang melakukan tahapan dalam sebuah pengembangan suatu website yang meliputi tahap Web Designing yaitu proses hingga jadi halaman-halaman web secara lengkap dan siap tayang dan tahapan berikutnya adalah Web Deploying yaitu proses untuk membuat website terpasang pada server internet dan dapat diakses orang lain.


CSS (Cascading Stylesheet)

CSS adalah bagian dari sebuah website yang khusus dibuat untuk mengatur tampilan sebuah website. Kita dapat mengontrol isi (konten) dan tampilan secara terpisah. Perubahan konten tidak mengharuskan kita melakukan perubahan tampilan, demikian juga sebaliknya. Teknologi CSS dimaksudkan untuk mempermudah perancangan web yang indah dan fleksibel. Fleksibilitas adalah hal yang tidak akan diperoleh jika menggunakan HTML saja. Satu file CSS (*.css) dapat digunakan untuk banyak halaman, sehingga perubahan desain visual untuk banyak halaman dapat dilakukan hanya melalui modifikasi satu file CSS. Beberapa penggunaan CSS pada saat ini adalah sebagai kontrol aspek visual keseluruhan halaman website serta untuk membuat layout yang standar (kolaborasi dengan XHTML). Dalam teknik pembuatan layout HTML terbagi menjadi beberapa tahapan sejarah yang berkembang dari waktu ke waktu seperti Frame adalah cara lama yang sekarang ini sudah jarang digunakan, kemudian berkembang ke teknologi Tabel yang disukai oleh sebagian besar designer web yang ada, dan kini berubah menjadi teknologi CSS yang merupakan metode baru yang sekarang ini menjadi standar dalam suatu pembuatan website.


https://id.wikipedia.org/wiki/Web_Programing



Microservices, Konsep dan Implementasi (1)


Akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Microservices di dunia teknologi. Istilah yang sedang populer ini diyakini mampu memberikan pilihan solusi dalam membangun sebuah aplikasi yang efisien pada proses dan efektif dalam pengembangan. Terlebih lagi harus mampu tetap berfungsi baik pada saat mendapatkan lonjakan pengunjung.

Sebelum kita berganti ke teknologi terbaru dan canggih, sebaiknya kita mulai dengan me-review arsitektur aplikasi yang digunakan sekarang. Terkadang permasalahan yang kompleks dapat diselesaikan dengan menggunakan desain arsitektur aplikasi yang tepat.

Monolithic

Sekian lama kita telah hidup dari desain aplikasi yang memiliki arsitektur yang terpusat dan teknologi yang seragam, atau lebih dikenal dengan istilah Monolithic application architecture. Arsitektur aplikasi monolitik ini menggunakan kode sumber dan teknologi yang serupa untuk menjalankan semua tugas-tugasnya.

Untuk memudahkan pemahaman kita ambil contoh aplikasi wordpress. WordPress merupakan contoh paling mudah untuk menggambarkan arsitektur aplikasi yang bersifat monolitik, dimana dalam satu aplikasi kita dapat memiliki frontend sekaligus backend. Semua fitur security, performance, manajemen konten, ad, statistik, semuanya dibangun dengan menggunakan PHP dan database MySQL, dalam kode sumber yang sama.

Perkembangan berikutnya adalah dengan memisahkan aplikasi berdasarkan user role-nya. Ada frontend yaitu aplikasi yang akan diakses oleh pengakses blog (user) dan Backend yang digunakan oleh kontributor konten dan admin blog. Bisa juga memisahkan halaman reporting, member dan lainnya, dengan tujuan agar satu fungsi tidak akan mengganggu fungsi yang lainnya.

Pada praktiknya pemisahan halaman ini dilakukan di level domain. Anggap saja kita gunakan subdomain www untuk frontend, subdomain admin untuk backend, subdomain report untuk reporting dan seterusnya. Dan masing-masing subdomain tersebut dapat dilakukan pemisahan server secara fisik. Pemisahan ini dilakukan agar proses scaling dan debuging dapat dilakukan dengan mudah.

Microservices

Secara sederhana, arsitektur aplikasi Microservice ini menggunakan desain yang memecah aplikasi berdasarkan fungsinya secara spesifik. Tidak sekedar dengan memisahkan berdasarkan user-role atau subdomain saja, tetapi aplikasi akan di breakdown lebih rinci lagi dari sisi fungsionalitasnya. Aplikasi akan dirancang agar setiap fungsi bekerja secara independent. Dan setiap fungsi dapat menggunakan teknologi stack yang sesuai dengan kebutuhan, walaupun itu artinya akan terdapat teknologi yang berbeda-beda dalam satu aplikasi besar.

Dengan pemisahan aplikasi berdasarkan fungsi-nya ini, pada akhirnya kita akan menemui keragaman teknologi dalam sebuah satu layanan digital. Misalkan dari layanan blog yang telah dicontohkan diatas, kita bisa coba pecahkan aplikasi blog tersebut menjadi fungsi konten, user management, komentar, rangking, search dan lainnya.

Pada bagian fungsi konten mungkin kita menggunakan PHP dan mysql, tetapi pada komentar kita menggunakan Python dan Mongodb, sedangkan di search menggunakan nodejs dan elasticsearch untuk penyimpanan datanya. Disini terlihat bahwa setiap fungsi / permasalahan teknis dapat diselesaikan dengan cara dan teknologi yang berbeda-beda.

Dalam konsep microservices, kita tidak hanya melalukan pemisahan di level aplikasi saja, tetapi dari sisi infrastruktur pula. Kita akan menemukan keragaman arsitektur infra, konfigurasi dan optimalisasi sistem yang berbeda, dan sering pula ditemukan jumlah dan spesifikasi server yang tidak sama antara service yang satu dengan yang lain.

https://indosystem.com/blog/microservices-konsep-dan-implementasi/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETIKA PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI