JENIS-JENIS JARINGAN MODERN/MASA KINI DAN PENJELASAN

 

Alat Komunikasi Modern di Masa Kini dan Fungsinya

    Di zaman sekarang ini, sudah banyak diciptakan alat komunikasi modern dan fungsinya sangat beragam. Seiring berjalannya waktu, pengembangan peralatan ini juga terus berlanjut. Lain dengan alat komunikasi tradisional, yang mana mereka semakin ditinggalkan karena memiliki banyak kekurangan. Sedangkan alat di masa kini dibuat dengan teknologi hingga memiliki banyak kelebihan dan bisa digunakan untuk komunikasi dengan mudah dan cepat.

    Alat Komunikasi Modern

    Di bawah ini di sebutkan beberapa contoh alat komunikasi modern masa kini dengan gambar dan fungsinya.

    1. Radio

    Radio merupakan alat elektronik yang digunakan untuk komunikasi menggunakan suara, melalui siaran yang bisa didengar dengan frekuensi yang dijangkaunya. Dengan begitu, fungsinya adalah untuk menerima informasi berupa siaran suara dari stasiun radio. Kendati zaman sekarang alat komunikasi lain semakin canggih, alat ini tidak ditinggalkan begitu saja. Radio biasa digunakan untuk siaran berita dan juga untuk musik.

    Radio
    Credit: Freepik/Zirconicusso

    2. Telepon

    Telepon merupakan alat komunikasi modern yang fungsinya untuk komunikasi antara dua orang dengan menggunakan suara.

    a. Pesawat telepon

    Pesawat telepon yaitu telepon yang biasanya berada di rumah dan di kantor menggunakan kabel jaringan. Telepon ini bisa untuk menyambungkan atau mengalihkan ke telepon lain secara langsung.

    Pesawat Telepon
    Credit: argos.co.uk

    b. Telepon seluler

    Telepon seluler biasa disebut juga sebagai telepon genggam, yaitu telepon yang tidak perlu disambungkan ke kabel jaringan dan bisa dibawa ke mana-mana. Telepon ini memiliki 2 macam, yaitu GSM dan CDMA.

    Telepon Seluler
    Credit: Stockvault

    c. Telepon pintar

    Telepon pintar yaitu telepon yang menggabungkan berbagai fungsi dari telepon seluler, PDA, kamera, camcorder, dan komputer. Dengan begitu, alat ini tidak sekadar untuk komunikasi dengan suara, namun juga memiliki fungsi lain yang sangat banyak.

    Telepon Pintar
    Credit: Freepik/Lifeforstock

    3. Televisi

    Televisi merupakan alat elektronik yang fungsinya untuk menampilkan video yang disiarkan oleh stasiun televisi. Televisi memungkinkan kita untuk mendapatkan informasi dengan cepat. Ketika siaran, biasanya dibagi menjadi beberapa bagian program. Misalnya ketika program berita, kita bisa mendapatkan banyak informasi berita.

    Televisi
    Credit: Freepik/Zlatko_plamenov

    4. Komputer

    Komputer merupakan rangkaian peralatan elektronik yang dapat melakukan pekerjaan berdasarkan dengan program yang diberikan. Alat ini bisa mengolah data menjadi informasi, lalu juga bisa menyimpannya untuk dapat ditampilkan di lain waktu. Alat modern ini bisa digunakan untuk komunikasi dengan menyambungkannya ke internet.

    Komputer Kantor
    Credit: proline-store.com

    5. Laptop

    Laptop merupakan alat elektronik yang memiliki fungsi serupa dengan komputer. Namun memiliki bentuk yang lebih simpel, bisa dilipat, dan bisa dibawa. Alat ini menggunakan menggunakan baterai, sehingga bisa digunakan tanpa harus terhubung dengan listrik secara langsung. Dengan baterai tersebut, alat ini dapat digunakan untuk jangka waktu tertentu, lalu memerlukan pengisian daya ulang.

    Laptop
    Credit: Freepik

    6. Internet

    Internet adalah sistem komunikasi yang terdiri dari komputer dan jaringan komputer dengan saling terhubung, dengan menggunakan Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Fungsi internet sangat banyak. Namun untuk komunikasi, alat modern ini fungsinya bisa digunakan untuk komunikasi dengan siapa saja dan kapan saja selama saling terhubung dengan internet. Artinya tidak dibatasi oleh kota maupun negara.

    Jaringan Internet
    Credit: alliedcode.com

    7. Email

    Email merupakan bagian dari internet yang bisa digunakan sebagai media komunikasi. Media ini fungsinya untuk mengirim surat dan data secara online dengan menggunakan program komputer yang disambungkan ke internet. Dengan menggunakan Email, komunikasi bisa dilakukan dengan cepat dan gratis. Beberapa contoh penyedia layanan email gratis, yaitu Gmail, Yahoo! Mail, Hotmail, dll.

    Email
    Credit: names.co.uk

    8. Internet messenger

    Internet messenger juga merupakan bagian dari internet yang bisa dijadikan sebagai media komunikasi. Media ini fungsinya untuk komunikasi antara satu orang dengan orang lain menggunakan program komputer yang disambungkan ke internet. Zaman sekarang dengan alat internet messenger, komunikasi dapat dilakukan dengan satu orang ataupun lebih, lalu bisa menggunakan teks, suara, maupun video.

    Internet Messenger
    Credit: Freepik

    9. Mesin faks

    Mesin faks merupakan alat komunikasi yang fungsinya untuk mengirimkan dokumen dengan menggunakan suatu perangkat yang mampu beroperasi melalui jaringan telepon dengan hasil yang serupa dengan aslinya.

    Mesin Fax
    Credit: Blibli

    10. Walkie talkie

    Walkie talkie merupakan alat yang fungsinya untuk komunikasi 2 orang atau lebih menggunakan gelombang radio. Alat ini kebanyakan bisa digunakan untuk berbicara dan mendengar. Namun pembicaraan 2 arah tersebut harus secara bergantian. Zaman sekarang, walkie talkie biasanya digunakan alat komunikasi oleh satpam dan polisi.

    Walkie Talkie
    Credit: lazada.co.ph

    11. Surat kabar

    Surat kabar biasa disebut juga sebagai koran, alat komunikasi ini fungsinya untuk menyampaikan informasi berupa tulisan dan gambar menggunakan media kertas. Surat kabar biasanya dipublikasikan oleh penerbit dengan berisi berita-berita baru dengan macam-macam topik.

    Meskipun di masa kini banyak berita yang bisa diakses melalui internet, namun tampaknya alat komunikasi ini tidak ditinggalkan begitu saja. Surat kabar biasa dimanfaatkan untuk pemberitaan yang menjangkau kota dan sekitarnya.

    Surat Kabar

    https://mello.id/alat-komunikasi-modern/

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    ARTIKEL MENGENAI PERANGKAT LUNAK

    ETIKA PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI